welcome to my blog

what time ?

Laman

Find an article!

Memuat...

Jumat, 05 Oktober 2012

3 Hal Halal Dilakukan Saat Menstruasi


Beberapa hari sebelum siklus haid datang, biasanya perempuan akan mengalami premenstrual syndrome (PMS), kondisi ini kadang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya ketahui hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat PMS.

Gejala PMS mencakup perubahan fisik seperti nyeri payudara, perut kembung, kram perut, dan emosional seperti suasana hati yang mudah berganti dan gampang marah. Diperkirakan sekitar 8-20 persen perempuan mengalami gejala PMS berat selama 1-2 minggu sebelum menstruasi datang.

“Ada bukti bahwa makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi dan berkontribusi pada derajat keparahan gejala PMS, untuk itu penting mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan,” ujar Elizabeth Bertone-Johnson, ScD dari University of Massachusetts, seperti dikutip dari WebMD, Senin (20/6/2011).


 Bukan berarti kita  boleh mengkonsumsi dan melakukan banyak hal seperti saat sobat tidak sedang haid atau menstruasi.  Untuk itu perlu sobat ketahui hal-hal yang halal dan haram dilakukan dalam melawan gejala PMS.  Sobat haram menikmati dan melakukan hal-hal sesuai yang tercantum pada artikel ini, 3 Hal Haram Dilakukan Saat Menstruasi silahkan baca :)


 1. Mengonsumsi makanan dengan kalsium tinggi


Bertone-Johnson mengungkapkan studi dari perguruan tinggi menemukan perempuan dengan asupan kalsium dan vitamin D tinggi memiliki risiko lebih rendah mengembangkan PMS. Hal ini karena kalsium akan bekerja di otak untuk meringankan gejala depresi atau kecemasan, sedangkan vitamin D bisa memperbaiki perubahan emosional.


  2. Mengonsumsi biji-bijian, protein, buah dan sayur


Jenis makanan tersebut diketahui kaya akan kandungan vitamin B. Studi terbaru menemukan bahwa perempuan dengan asupan tiamin (vitamin B1) dan riboflavin (vitamin B2) yang tinggi bisa mengurangi risiko PMS secara signifikan.


  3. Melakukan olahraga ringan



Cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, sepeda atau berenang secara teratur sebanyak 3 kali seminggu sebelum menstruasi datang. Hal ini akan membantu melemaskan otot dan sendi sehingga menurunkan risiko terjadinya kram perut.



Terimakasih telah berkunjung :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Follow New Article

Arsip Blog